RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 2 Kudus
Kelas : X
Semester : Genap
Program : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
A. Standar Kompetensi
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
B. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pembangunan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
C. Indikator
- Menjelaskan bagaimana proses pembentukan keteraturan social
- Mengetahui proses terbentuk dan berkembang nya pranata social
- Mengklasifikasikan macam-macam pranata social
- Mendiskripsikan pranata social dalam system pengendalian social
D. Tujuan Pembelajaran
Membimbing siswa memahami proses terjadinya tindakan interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial untuk mendiskripsikan proses pembentukan lembaga,kelompok,dan organisasi sosial
E. Materi Pembelajaran
Lembaga sosial sebagai hal interaksi sosial
- Proses pembentukan keteraturan sosial
- Terbentuk dan berkembangnya pranata sosial
- Macam-macam pranata sosial
- Pranata sosial dalam sistem pengendalian social
F. Alokasi Waktu
2 X 45 menit
G. Metode Pembelajaran : Talking Stick
Langkah – langkah
1) Guru menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya 20 cm.
2) Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari,kemudian memberikan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran.
3) Siswa berdiskusi membahas masalah yang terdapat di dalam wacana.
4) Setelah siswa selesai membaca materi pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan siswa untuk menutup isi bacaan.
5) Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
6) Guru memberikan kesimpulan.
7) Guru memberikan evaluasi/penilaian.
8) Guru menutup pembelajaran.
No. | Kegiatan Pembelajaran | sAlokasi Waktu |
1. | Pendahuluan o Apersepsi : Guru menanyakan pada siswa tentang pengetahuannya berkenaan dengan Interaksi Sosial dan lembaga sosial o Motivasi : Guru menyampaikan tujuan dan kegunaan mempelajari Interaksi Sosial dan lembaga sosial
| 10 menit |
2. | Kegiatan Inti · Elaborasi, dengan cara berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang materi Lembaga sosial · Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman sebangkunya di depan kelas, dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas. · Siswa mengerjakan tugas uji penguasaan materi. · Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. | 60 menit |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi
b. Penilaian
c. Penugasan
| 20 menit |
I. Metode Pembelajaran
1. Ceramah Variasi
2. Diskusi Kelompok
3. Observasi
4. Tugas Harian
J. Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. LCD
4. Gambar
K. Sumber Bahan
1. Buku Sosiologi SMA kelas X ERLANGGA halaman 88-94
2. Kehidupan dalam masyarakat
3. Media massa seperti cetak dan elektronik: majalah, koran, tv, radio
L. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi ”
2. Diskusi kelompok
Semarang, Nopember 2008
Mengetahui : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMAN 2 Kudus
Drs. M.Zaenuri, M.Pd. Retno Mardelia Sari, S.Pd
NIP. 130 234 567 NIP. 3401409013
0 komentar:
Posting Komentar