Kamis, 22 Desember 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


            Satuan Pendidikan            :  SMAN 2 Kudus    
Kelas                                     :  X
Semester                              :  Genap
Program                                :  IPS
Mata Pelajaran                    :  Sosiologi
Jumlah Pertemuan            :  1 x pertemuan

A. Standar Kompetensi
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
B. Kompetensi Dasar
         Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pembangunan pola keteraturan    dan dinamika kehidupan sosial

C. Indikator
  1. Menjelaskan bagaimana proses pembentukan keteraturan social
  2. Mengetahui proses terbentuk dan berkembang nya pranata social
  3. Mengklasifikasikan macam-macam pranata social
  4. Mendiskripsikan pranata social dalam system pengendalian social

D. Tujuan Pembelajaran
Membimbing siswa memahami proses terjadinya tindakan interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial untuk mendiskripsikan proses pembentukan lembaga,kelompok,dan organisasi sosial

E. Materi Pembelajaran
Lembaga sosial sebagai hal interaksi sosial
  • Proses pembentukan keteraturan sosial
  • Terbentuk dan berkembangnya pranata sosial
  • Macam-macam pranata sosial
  • Pranata sosial dalam sistem pengendalian social

F. Alokasi Waktu
2 X 45 menit

G. Metode Pembelajaran      : Talking Stick
 Langkah – langkah
1)      Guru menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya 20 cm.
2)      Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari,kemudian memberikan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran.
3)      Siswa berdiskusi membahas masalah yang terdapat di dalam wacana.
4)      Setelah siswa selesai membaca materi  pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan siswa untuk menutup isi bacaan.
5)      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
6)      Guru memberikan kesimpulan.
7)      Guru memberikan evaluasi/penilaian.
8)      Guru menutup pembelajaran.

H. Kegiatan Pembelajaran

No.

Kegiatan Pembelajaran

sAlokasi Waktu
1.
Pendahuluan
o   Apersepsi : Guru menanyakan pada siswa tentang pengetahuannya   berkenaan dengan Interaksi Sosial dan lembaga sosial
o   Motivasi   : Guru menyampaikan tujuan dan kegunaan mempelajari Interaksi Sosial dan lembaga sosial
  • Menyampaikan kompetensi (Tujuan) yang akan dicapai
  • Menyampaikan cakupan materi

10 menit
2.
Kegiatan Inti
·         Elaborasi, dengan cara berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang materi Lembaga sosial
·         Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman sebangkunya  di depan kelas, dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas.
·         Siswa mengerjakan tugas uji penguasaan materi.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
60 menit
3.
Kegiatan Akhir
 a. Refleksi
  • Siswa dan guru membuat rangkuman tentang definisi, fungsi, macam,proses Lembaga sosial. Kemudian  siswa mencatat beberapa hal yang penting tentang inti dari materi Lembaga Sosial tersebut.
b. Penilaian
  • Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
c. Penugasan
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan atau seleberan yang berisi ajakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial
20 menit

I. Metode Pembelajaran
1. Ceramah Variasi
2. Diskusi Kelompok
3. Observasi
4. Tugas Harian

J. Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. LCD
4. Gambar

K. Sumber Bahan
1.      Buku Sosiologi SMA kelas X ERLANGGA halaman 88-94
2.   Kehidupan dalam masyarakat
3.   Media massa seperti cetak dan elektronik: majalah, koran, tv, radio

L. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi ”
2. Diskusi kelompok


                                                                           Semarang,      Nopember 2008
Mengetahui :                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMAN 2 Kudus


Drs. M.Zaenuri, M.Pd.                                            Retno Mardelia Sari, S.Pd
NIP. 130 234 567                                                       NIP. 3401409013






0 komentar:

Posting Komentar

S P I R I T

Dalam Hidup Ini Semua Ada Waktunya ,

Ada Waktu nya Kita Merasakan Kebahagiaan,

Ada Juga Saatnya Kita Merasakan Kekecewaan,,

Layaknya Kuncup Bunga Yang Ada Waktunya Untuk Mekar,

Begitupun Dalam Kehidupan Ini,Yang Semua nya Ada Waktu nya Untuk Menjadi Indah.