RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA N 1 DEMAK
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Program : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 2 x 45 menit (2x Pertemuan)
A. Standar Kompetensi : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
C. Indikator :
1. Mendiskripsikan pengertian sosialisasi.
2. Menganalisis proses sosialisasi.
3. Menjelaskan bentuk-bentuk sosialisasi.
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah proses pembelajaran, siswa dapat mendiskripsikan pengertian sosialisasi.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menganalisis proses sosialisasi.
3. Setelah melakukan pengamatan dan membaca materi, siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk sosialisasi.
E. Materi Pembelajaran:
1. Pengertian sosialisasi.
2. Proses sosialisasi.
3. Bentuk sosialisasi.
F. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
G. Model Pembelajaran
Menggunakan model pembelajaran Jigsaw
H. Langkag-langkah kegiatan pembelajaran:
1. Kegiatan Awal (10 menit)
Apresepsi:
Menanyakan pada siswa tentang pengetahuannya berkenaan dengan pengertian sosialisassi, proses sosialisasi, dan bentuk sosialisasi.
Motivasi:
a. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
b. Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang dipelajari.
c. Guru memberi motivasi pada siswa untuk berani bertanya.
2. Kegiatan Inti ( 70 menit)
a. Guru menjelaskan mengenai pengertian sosialisasi, proses sosialisasi, dan bentuk sosialisasi.
b. Guru menjelaskan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
c. Guru memimpin diskusi.
d. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok.
e. Guru memberikan materi pada setiap kelompok.
f. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mendiskusikan tentang materi yang masing-masing kelompok dapatkan dengan menggunakan contoh yang kongrit dan pandangan yang kritis..
g. Guru memberikan kesempatan pada 1 orang wakil dari kelompok untuk pindah kekelompok lain untuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya pada kelompok lain, sampai pada kelompok terakhir.
h. Guru memberikan kesempatan pada siswa yang ingin menyampaikan rangkuman meteri yang telah mereka dapatkan pada teman-temannya.
i. Guru memberikan kesempatan pada siswa lain untuk memberikan sanggahan atau menanggapi rangkuman materi yang telah dikemukakan temannya.
j. Guru memberikan motivasi kembali dan memberikan pengertian tentang manfaat model prmbelajaran yang telah berlangsung.
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
a. . Merangkum
Siswa diberi tugas untuk membuat rangkuman tertulis tentang materi yang telah didiskusikan dan mengumpulkannya.
b. Refleksi
Guru menyampaikan rangkuman dari hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.
c. Umpan Balik
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti berkenaan dengan materi yang telah didiskusikan bersama.
d. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
e. Penugasan
Ø Untuk tugas individu, peserta didik diberi tugas individu yang dapat dikerjakan mandiri di rumah.
Ø Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya;
Ø Lalu guru memberikan tugas agar membaca materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya.
I. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. Kerja kelompok
3. Tugas mandiri
J. Media Pembelajaran
Gambar tempat dan proses sosialisasi
K. Sumber bahan
1. Buku Sosiologi SMA kelas X, jilid 1 ERLANGGA.
2. LKS sosiologi kelas X, tebitan CERDAS
3. Internet
4. Gambar tempat dan proses sosialisasi.
L. Penilaian
- Penilaian tugas individu
Jumlah jawaban benar x 10
- Penilaian dalam proses pembelajaran.
Demak, 14 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru bidang studi
Drs. Totok Rochana, MSi Yulia Devi Ristanti, S.Pd
NIP NIM 3401409014
0 komentar:
Posting Komentar