RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Slawi
Kelas : X
Semester : Genap
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1x pertemuan
A. Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan sosial
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan sosialisasi sebuah proses dalam pembentukan kepribadian.
C. Indikator
1. Mendeskripsikan definisi pengendalian sosial
2. Menjelaskan fungsi dari pengendalian sosial
3. Mengidentifikasi jenis pengendalian sosial
4. Menjelaskan sifat dari pengendalian sosial
5. Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapakan dapat :
1. Mendeskripsikan dengan kata-kata sendiri pengertian pengendalian sosial melalui tanya jawab
2. Mendeskripsikan cara pengendalian sosial melalui tanya jawab
3. Menjelaskan fungsi dan sifat pengendalian sosial melalui diskusi
4. Mengidentifikasi jenis penhendalian sosial
5. Memberikan opini atau ulasan tentang tidak adanya peran lembaga pengendalian sosial
E. Materi Pembelajaran
1. Definisi pengendalian sosial
2. Fungsi pengendalian sosial
3. Jenis pengendalian sosial
4. Sifat pengendalian sosial
5. Cara pengendalian sosial
F. Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
G. Model Pembelajaran : role playing
- Langkah-langkah :
- Guru menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
- Guru menugasi beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya
- Guru membentuk kelompok dengan anggota 5 orang dan menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
- Siswa yang diberi peran sesuai skenario diminta memperagakan skenario
- Siswa dalam kelompok mengamati skenario yang diperagakan
- Selesai pementasan, kelompok membahas lembar kerja
- Tiap kelompok menyampaikan lembar kerjanya
- simpulan
H. Kegiatan Pembelajaran
No. | Kegiatan Pembelajaran | sAlokasi Waktu |
1. | Pendahuluan · Apersepsi : Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial. · Motivasi : Guru memberi penjelasan tentang tujuan dan kegunaan mempelajari pengendalian sosial.
| 10 menit |
2. | Kegiatan Inti · Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang inti materi pengendalian sosial. · Elaborasi, dengan cara berdiskusi dengan teman sebelahnya mengenai materi pengendalian sosial, dengan begitu siswa mampu menggali pengetahuan tentang pengertian, cara, fungsi, jenis, dan sifat pengendalian sosial yang sebagian kecil telah disampaikan. · Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman sebelahnya di depan kelas, dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas. · Siswa mengerjakan tugas uji penguasaan materi. · Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. | 65 menit |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi
b. Penilaian
c. Penugasan
| 15 menit |
I. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tugas lapangan (observasi)
4. Pekerjaan Rumah (PR)
J. Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. LCD
4. Gambar- gambar
K. Sumber Bahan
1. Buku sosiologi SMA kelas X BUMI AKSARA halaman 115-122
2. Buku sosiologi SMA kelas X ERLANGGA halaman 168-178
3. Media massa seperti internet
L. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi
2. Diskusi kelompok
Semarang, 14 Desember 2011
Mengetahui : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMAN 1 Slawi
Drs. Totok Rohana, M.Si. Nabila Viendy Noviar Putri
NIP. NIP. 3401409017
0 komentar:
Posting Komentar