RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Slawi
Kelas : X
Semester : Genap
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1x pertemuan
A. Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan sosial
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan sosialisasi sebuah proses dalam pembentukan kepribadian.
C. Indikator
1. Mendeskripsikan definisi perilaku menyimpang
2. Menjelaskan faktor penyebab perilaku menyimpang
3. Mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna
4. Mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat sub kebudayaan menyimpang
D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan definisi perilaku menyimpang
2. Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan faktor penyebab perilaku menyimpang
3. Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna
4. Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat sub kebudayaan menyimpang
E. Materi Pembelajaran
1. pengertian perilaku menyimpang
2. faktor penyebab perilaku menyimpang
3. perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna
4. perilaku menyimpang akibat sub kebudayaan menyimpang
F. Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
G. Model Pembelajaran : role playing
- Langkah-langkah :
- Guru menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
- Guru menugasi beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya
- Guru membentuk kelompok dengan anggota 5 orang dan menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
- Siswa yang diberi peran sesuai skenario diminta memperagakan skenario
- Siswa dalam kelompok mengamati skenario yang diperagakan
- Selesai pementasan, kelompok membahas lembar kerja
- Tiap kelompok menyampaikan lembar kerjanya
- simpulan
H. Kegiatan Pembelajaran
No. | Kegiatan Pembelajaran | sAlokasi Waktu |
1. | Pendahuluan · Apersepsi : Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial. · Motivasi : Guru memberi penjelasan tentang tujuan dan kegunaan mempelajari pengendalian sosial.
| 10 menit |
2. | Kegiatan Inti · Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang inti materi penyimpangan sosial. · Elaborasi, dengan cara berdiskusi dengan teman sebelahnya mengenai materi penyimpangan sosial, dengan begitu siswa mampu menggali pengetahuan tentang pengertian, faktor penyebab, perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna, proses sosialisasi akibat sub kebudayaan menyimpang yang sebagian kecil telah disampaikan. · Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman sebelahnya di depan kelas, dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas. · Siswa mengerjakan tugas uji penguasaan materi. · Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. | 65 menit |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi
b. Penilaian
c. Penugasan
| 15 menit |
I. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tugas lapangan (observasi)
4. Pekerjaan Rumah (PR)
J. Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. LCD
4. Gambar- gambar
K. Sumber Bahan
1. Buku paket Erlangga kelas X semester 2, hal 153-161
2. LKS Prasasti kelas X semester 2, hal 52-53
3. Media massa seperti internet
L. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi
2. Diskusi kelompok
Semarang, 14 Desember 2011
Mengetahui : Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMAN 1 Slawi
Drs. Totok Rohana, M.Si. Nabila Viendy Noviar Putri
NIP. NIP. 3401409017
0 komentar:
Posting Komentar