Jumat, 06 Januari 2012

RPP ( Penyimpangan Sosial)

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


            Satuan Pendidikan                :           SMA N 1  Slawi
Kelas                                       :           X
Semester                                 :           Genap
Mata Pelajaran                      :           Sosiologi
Jumlah Pertemuan                :           1x pertemuan

A. Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan sosial

B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan sosialisasi sebuah proses dalam pembentukan kepribadian.

C. Indikator
1. Mendeskripsikan definisi perilaku menyimpang
2. Menjelaskan faktor penyebab perilaku menyimpang
3. Mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna
4. Mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat sub kebudayaan menyimpang

D. Tujuan Pembelajaran
1.   Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan definisi perilaku menyimpang
2.   Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan faktor penyebab perilaku menyimpang
3.   Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna
4.   Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi perilaku menyimpang akibat sub kebudayaan menyimpang



E. Materi Pembelajaran
1. pengertian perilaku menyimpang
2. faktor penyebab perilaku menyimpang
3. perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna
4. perilaku menyimpang akibat sub kebudayaan menyimpang

F. Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

G. Model Pembelajaran : role playing
  • Langkah-langkah :
  1. Guru menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  2. Guru menugasi beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya
  3. Guru membentuk kelompok dengan anggota 5 orang dan menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
  4. Siswa yang diberi peran sesuai skenario diminta memperagakan skenario
  5. Siswa dalam kelompok mengamati skenario yang diperagakan
  6. Selesai pementasan, kelompok membahas lembar kerja
  7. Tiap kelompok menyampaikan lembar kerjanya
  8. simpulan

H. Kegiatan Pembelajaran
No.

Kegiatan Pembelajaran

sAlokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·                                                Apersepsi : Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial.
·                                                Motivasi  :            Guru memberi penjelasan tentang tujuan dan kegunaan  mempelajari pengendalian sosial.
  • Menyampaikan kompetensi (Tujuan) yang akan dicapai
  • Menyampaikan cakupan materi

10 menit
2.
Kegiatan Inti
·         Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang inti materi penyimpangan sosial.
·         Elaborasi, dengan cara berdiskusi dengan teman sebelahnya mengenai materi penyimpangan sosial, dengan begitu siswa mampu menggali pengetahuan tentang pengertian, faktor penyebab, perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna, proses sosialisasi akibat sub kebudayaan menyimpang yang  sebagian kecil telah disampaikan.
·         Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman sebelahnya  di depan kelas, dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas.
·         Siswa mengerjakan tugas uji penguasaan materi.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
65 menit
3.
Kegiatan Akhir
 a. Refleksi
  • Siswa dan guru membuat rangkuman tentang pengertian, faktor penyebab penyimpangan sosial, perilaku menyimpang akibat proses sosialisasi tidak sempurna, proses sosialisasi akibat sub kebudayaan menyimpang. Kemudian  siswa mencatat beberapa hal yang penting tentang inti dari penyimpangan sosial.
b. Penilaian
  • Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
c. Penugasan
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan atau seleberan yang berisi ajakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial berhubungan dengan perilaku menyimpang.
15 menit




I. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tugas lapangan (observasi)
4. Pekerjaan Rumah (PR)

J. Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. LCD
4. Gambar- gambar

K. Sumber Bahan
1. Buku paket Erlangga kelas X semester 2, hal 153-161
2. LKS Prasasti kelas X semester 2, hal 52-53
3. Media massa seperti internet

L. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi
2. Diskusi kelompok




                                                                           Semarang,    14  Desember 2011
Mengetahui :                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMAN 1  Slawi

Drs.  Totok Rohana, M.Si.                                      Nabila Viendy Noviar Putri
NIP.                                                                            NIP. 3401409017

0 komentar:

Posting Komentar

S P I R I T

Dalam Hidup Ini Semua Ada Waktunya ,

Ada Waktu nya Kita Merasakan Kebahagiaan,

Ada Juga Saatnya Kita Merasakan Kekecewaan,,

Layaknya Kuncup Bunga Yang Ada Waktunya Untuk Mekar,

Begitupun Dalam Kehidupan Ini,Yang Semua nya Ada Waktu nya Untuk Menjadi Indah.